Beberapa Ciri Orang Tua Yang Baik di Mata Anak-anaknya

Beberapa Ciri Orang Tua Yang Baik di Mata Anak-anaknya ---Semua orang tua, baik ayah dan ibu pastinya menginginkan anakanya menjadi yang terbaik dan bisa membuat mereka bahagia sekaligus bangga. Namun dalam proses untuk mendapatkan kebahagiaan ini, terkadang orang tua lebih banyak menuntut ketimbang memberikan apa yang di inginkan oleh anak. Dampaknya sudah bisa terlihat, orang tua menjadi "barang" yang tidak populer di mata anak-anaknya. Menjadi orang yang harus dihaormati dan susah di ajak berteman.
Ciri Orang Tua Yang Baik
Oleh karenanya, pada Artikel Cinta Keluarga kali ini, dBeCinta mencoba memberikan sedikti pencerahan seputar Ciri-ciri Orang Tua Yang Baik di Mata Anak-anaknya, orang tua yang populer dan di jadikan tempat pertama anak-anaknya bercerita.

Menjadi orang tua responsif
Respon orang tua sangat penting bagi seorang anak. Berikan mereka apresiasi terhadap hal-hal yang telah mereka lakukan. Ini akan membuat kedekatan hubungan orang tua dan anak meningkat.
Mampu meningkatkan kepercayaan diri anak
Anak dengan harga diri tinggi biasanya lebih berbahagia dan lebih percaya diri. orang tua harus selalu terlibat dalam kehidupan anak untuk menunjukkan betapa berharganya mereka. Dengan begitu anak akan merasa selalu dihargai.
Mampu menepati janji
Sembari menemani pertumbuhan anak, orang tua harus selalu memegang anji-janji yang diucapkannya. Ini akan menjadi pondasi kepercayaan yang kokoh antara orang tua dan anak. Ini juga mengajarkan anak untuk selalu menepati janji mereka dan bertindak jujur.
Menjadi guru sekaligus teman
Ajari anak dengan lunak, bukan bersikap menggurui. Bersikaplah ramah. Mengajarkan kebaikan melalui cara yang keras tak akan berhasil pada anak. Alih-alih anak akan merasa takut pada orang tua.
Selalu memberikan bimbingan
Bimbingan adalah hal yang diperlukan anak saat mereka mulai tumbuh mendewasa. Ada masa-masa mereka harus dibimbing dan membutuhkan seseorang yang mereka percaya untuk membimbing mereka. Tanda bahwa Anda sudah berhasil menjadi orang tua terbaik adalah ketika mereka datang menceritakan masalah pribadi mereka pada Anda.
Bisa menjadi teladan
Orang tua adalah teladan bagi anak-anak mereka. Baik disadari atau tidak, anak selalu memperhatikan gerak-gerik orang tua mereka. Jadi jika ingin anak berperilaku baik, mulailah dengan berperilaku baik untuk diri Anda sendiri. Mereka akan mencontoh apa yang dilakukan oleh ayah dan ibu mereka.
Mampu menyeimbangkan disiplin
Anak-anak memang membutuhkan disiplin. Namun mereka tak harus terus-terusan bersikap kaku karena disiplin yang diterapkan orang tua. bersikaplah lunak sekali-sekali. Orang tua yang baik adalah yang tahu batas waktu antara kedisiplinan dan bersenang-senang.
Mampu mengajarkan ketrampilan bagi anak
Sebagian besar keterampilan hidup dipelajari anak dari rumah. Orang tua memiliki kesempatan untuk mengajarkan anak-anak mereka keterampilan penting yang bisa mereka gunakan saat dewasa. Keterampilan ini akan membuat anak-anak produktif saat mereka dewasa.
Mampu memberikan waktu dan toleransi
Hal terpenting yang bisa diberikan orang tua bagi anak-anak mereka adalah waktu mereka. Bersamaan dengan waktu, orang tua juga harus belajar bertoleransi dengan anak untuk mengenal satu sama lain. Saat berkumpul bersama, nikmatilah komunikasi yang terjadi antara orang tua dan anak. Jadilah lembut dan ramah. Ini akan menjadi pembelajaran yang penting dan menyenangkan bagi sang anak, terutama dalam hal toleransi.
Lebih banyak cinta dalam keluarga
Cinta tak sekedar ucapan "Aku sayang kamu" tetapi juga berbentuk perilaku, saat orang tua menghabiskan waktu berkualitasnya bersama anak-anak. Anak-anak yang dibesarkan dengan cinta oleh orang tua akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan percaya diri.
Itulah Beberapa Ciri Orang Tua Yang Baik di Mata Anak-anaknya. Dari situ kita tahu, bahwa orang tua seharusnya tidak hanya bisa menuntut, melainkan juga bisa memberi apa yang terbaik menurut anak. Walaupun begitu, sebagai orang yang lebih dahulu hidup dari anak-anaknya, pastinya ada saja hal yang terbaik bagi anak yang justru menjadi pengalaman buruk bagi orang tuanya. Tetap berikan peringatan dan arahan tentang pengalaman ini kepada nak.

Demikianlah Artikel Cinta Keluarga tentang Beberapa Ciri Orang Tua Yang Baik di Mata Anak-anaknya pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Cinta Keluarga pada postingan sebelumnya tentang Tips dan Cara Menarik Hati Ibu Calon Mertua Saat Pertemuan Pertama. Be a smart family!